Inilah Cara Pesan Tiket Kereta Api Online

Anda ingin bepergian menggunakan kereta api, tapi sayangnya sering kali kehabisan tiket? Membelinya secara online adalah langkah yang sangat disarankan. Transaksinya lebih mudah, cepat dan aman. Bahkan Anda juga berpeluang mendapatkan promo menarik. Supaya keinginan untuk naik kereta api bisa terwujud, maka penting untuk memahami cara pesan tiket kereta api online. Nah, apa saja yang penting diperhatikan?

Ketahui Layanan Reservasi Tiket Kereta Api Online

Sekarang ini bermunculan banyak penyedia layanan untuk reservasi tiket kereta api yang bisa dipesan secara online. Cara ini pastinya sangat disukai pengguna moda transportasi darat ini. Sebab terbukti sangat memudahkan, cepat, tidak perlu terjebak kemacetan di jalan, lebih nyaman dan pastinya aman.

Metode pemesanan tiket secara daring atau online ini tidak merepotkan. Anda tidak lagi harus mengantre membeli tiket di loket stasiun kereta api. Bahkan pelanggan juga bisa memesan tiketnya jauh-jauh hari. Sehingga memastikan lebih awal, terkait ketersediaan tiketnya. Secara umum, setiap orang bisa memesan tiketnya mulai 90 hari sebelum hari keberangkatannya.

Kalaupun sampai kehabisan tiket biasanya sejumlah layanan reservasi online akan melakukan penjualan tiket kereta api tambahan. Tentunya layanan tersebut semakin memudahkan pelanggan, agar bisa mendapatkan tiket sesuai tujuannya. Jadi saat memesan tiket Anda tidak harus melakukannya di website resmi PT KAI saja. Namun juga melalui berbagai situs booking tiket, marketplace, agent tour and travel, dan sebagainya.

Beli Tiket Sesuai Tujuan

Jangan sampai Anda membeli tiket kereta api dengan tujuan yang salah. Karena sudah pasti akan merugi, meskipun tiketnya bisa dibatalkan dan mendapatkan pengembalian uangnya. Tapi prosesnya akan lama, karena memakan waktu satu bulan. Untuk itu, jangan sampai salah dalam menentukan tujuannya.

 

Jadi pastikan tujuan Anda, kemudian ketahui nama kereta apinya, kelas tiket (ekonomi, bisnis atau eksekutif), harga tiket, stasiun pemberangkatan, stasiun yang dituju, jam keberangkatan dan jam tiba di stasiun tujuan. Dengan memahami berbagai informasi penting itu, maka Anda akan memastikan perjalanan berjalan lancar sampai di tujuan yang diinginkan.

Siapkan Dana Memadai

Secara umum, PT KAI menyediakan tiga kelas pelayanan untuk setiap kereta api dan tujuannya. Jadi ada tiga harga berbeda, bila satu kereta api dengan tujuan yang sama menawarkan semua layanan kelas tersebut. Ketiga kelas itu adalah eksekutif, bisnis dan ekonomi. Jadi hitung berapa tiket yang akan dibeli, dan tentukan kelasnya, sehingga Anda bisa memastikan kebutuhan dana untuk pembelian tiketnya.

Biasanya untuk satu kereta api yang sama terdapat juga sejumlah pilihan jam keberangkatannya. Dengan begitu, Anda bisa menentukan jam berangkat yang lebih ideal. Agar memudahkan saat berangkat ke stasiun, dan juga ketika tiba di stasiun tujuan. Biasanya jadwal keberangkatan pagi hari dan malam hari relatif lebih murah, ketimbang kalau jadwal keberangkatannya sore hari dan menjelang malam hari.

Isi Data Diri Secara Benar

Bila transaksi beli tiket kereta secara online, tidak perlu khawatir. Sebab langkah-langkahnya sangatlah mudah dan cepat. Kalau tidak mengetahui nama kereta api, jam keberangkatan, jam tiba, dan harga tiketnya tidak menjadi masalah. Oleh karena saat pemesanannya, Anda tinggal memilih stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan.

 

Sesudah itu secara otomatis akan muncul, berbagai keterangan lengkap terkait kereta api dengan tujuan tersebut. Anda juga bisa mengetahui kalau tiketnya masih tersedia atau justru sudah habis terjual. Keterangan jumlah tiket yang masih tersedia juga dicantumkan. Sehingga informasi tersebut akan memudahkan pelanggan, apakah tiket masih bisa dibeli atau tidak.

 

Kalau tiketnya masih tersedia, Anda tinggal menekan tombol pemesanan. Kemudian tampil formulir online yang harus dilengkapi dengan data diri yang akurat. Sejumlah informasi yang harus diberikan, seperti nama pemesan, nomor ponsel, alamat email atau surat elektronik. Selanjutnya harus juga mengisi data pengguna tiket tersebut. Nomor identitas seperti KTP, SIM atau passport bisa digunakan.

Selain membeli untuk nama Anda sendiri, bisa juga membelikan tiket dengan nama orang lain. Cara ini sangat berguna kalau Anda membeli jumlah tiket tertentu. Biasanya karena bepergian dengan keluarga, rekan kerja dan sebagainya. Penting untuk memastikan seluruh data yang dicantumkan sesuai dengan aslinya. Oleh karena bila ada kesalahan, akan membuat calon penumpang tidak bisa mengikuti perjalanan kereta apinya.

Pilih Tempat Duduk Sesuai Keinginan

Pemesanan tiket kereta api secara online juga memungkinkan pembeli untuk menentukan tempat duduk yang diinginkannya. Tentunya Anda bisa memilih kursi selama masih tersedia atau belum dipesan oleh orang lain. Fitur ini pastinya sangat bermanfaat, karena penumpang bebas memilih kursi di gerbong tertentu, dan barisan tempat duduknya. Jadi bila Anda lebih suka duduk di kursi yang dekat dengan jendela, maka bisa membookingnya.

Segera Melunasi Pembayaran Tiket Kereta Api

Kalau Anda sudah melakukan seluruh langkah pesan tiket kereta api online, tahapan seterusnya adalah melunasi pembayarannya. Selain menampilkannya di aplikasi reservasi tiketnya, informasi tagihan pembayaran juga dikirimkan melalui email. Jadi memastikan jumlah uang yang harus dikirimkan, sehingga kode pemesanan tiketnya bisa dicetak di stasiun keberangkatan.

 

Oleh karena pemesanan tiketnya dilakukan secara online, maka pembayarannya pun bisa dilakukan secara daring juga. Berbagai layanan transfer pembayaran sudah disediakan pihak penjualan tiketnya. Anda bisa menggunakan pembayaran dengan kartu kredit, melalui mobile banking, bayar di ATM, minimarket khusus dan sebagainya. Jadi pesan dan bayar tiketnya tidak perlu antri, bahkan tanpa beranjak dari tempat duduk Anda.

 

Setiap agen penjualan tiket menetapkan batasan waktu tertentu untuk pelunasan pembayarannya. Jadi pastikan Anda tidak melewati batasan tersebut. Oleh karena, kalau sampai terlambat membayar maka tiket yang sudah dipesan bisa dinyatakan hangus. Sehingga Anda harus melakukan pemesanan tiket lagi. Kondisi ini pastinya sangat merepotkan, dan bisa jadi tiketnya sudah terjual semua.

Cetak Tiket Di Stasiun Keberangkatan

Meskipun Anda sudah memesan dan membayar tiket kereta secara online, tapi tetap harus mencetaknya sebelum keberangkatan. Anda bisa datang ke stasiun keberangkatan untuk mencetak tiketnya beberapa hari kemudian atau beberapa jam sebelum jadwal kereta. Supaya Anda lebih tenang, dan pastikan menyimpannya dengan aman. Agar tidak sampai rusak atau hilang.

 

Tiket fisik tetap dibutuhkan oleh penumpang kereta api. Sebab nantinya akan digunakan sebagai tiket masuk ke areal keberangkatan kereta api. Nantinya pun ketika sudah dalam perjalanan, akan ada petugas yang mengecek kembali tiket penumpang. Jadi pastikan Anda menyimpannya dengan baik, agar tidak mudah hilang.

Dapatkan Tiket Kereta Api Promo

Bisakah Anda mendapatkan harga tiket lebih murah? Atau mendapatkan benefit lain seperti cashback, hadiah khusus dan sebagainya. Biasanya agen penjualan tiket menawarkan beragam keuntungan lain. Dengan begitu, calon penumpang bisa menikmati berbagai layanan lainnya. Agar bisa merasakan benefitnya, pastikan mengikuti program promo tiket kereta api di kanal penjualan favorit Anda.